panduan rakit sepeda mtb, groupset

04-Apr-2009 at 10:01 5 comments

tulisan ini merupakan seri tulisan panduan rakit sepeda untuk pemula. kali ini akan kumulai dengan groupset. semoga dapat memberikan manfaat sebesar – besarnya bagi penetrasi sepeda di tanah air tercinta ini.

groupset adalah seluruh komponen mekanik untuk membangun sebuah sepeda. groupset adalah bagian sepeda yang melekat bersama dengan frame, fork, stem, wheels, tires, sadle, dan handlebars sehingga membentuk sepeda yang utuh.

groupset terdiri dari :

shifter (tuas pemindah gigi) , kiri (depan) dan kanan (belakang)
brake lever (tuas rem), kiri (depan) dan kanan (belakang)
brake caliper (rem) bisa berupa v-break atau diskbrake : front and rear
derailleurs (pemindah gigi) : front and rear
headset (pengikat steering tube fork dengan stem)
bottom bracket (as tengah)
crankset (gear depan lengkap dengan lengan kayuh kiri kanan)
chain (rantai)
cassette (gear belakang yang terdiri dari 7 – 10 gear)
hub and free hub (as roda depan dan belakang)
perkabelan dan rumah kabel
sejauh pengetahuanku, saat ini ada 3 produsen besar groupset yakni shimano, sram, dan campagnolo. shimano dan sram mengeluarkan groupset untuk sepeda road dan mtb, sedangkan campagnolo hanya mengeluarkan groupset untuk road bike.

groupset terbagi atas berbagai kelas. kelas high-end yang pada umumnya menggunakan komponen dengan teknologi maju sehingga menghasilkan komponen yang kuat namun sangat ringan dan nyaman dan kelas low-end yang diperuntukkan untuk para hobies dan komuter.

shimano mengenalkan hirarki groupset untuk sepeda mtb sebagai berikut, urut dari tertinggi dan mahal sampai dengan terendah dan murah :

xtr : 9 speed. pada umumnya diperuntukkan untuk para atlet profesional yang mengutamakan komponen yang ringan, kuat, dan nyaman. mengaplikasikan teknologi canggih di dalam desain dan pembuatannya, termasuk penggunaan crankset hollowtech II dan rapid shift levers.
deore xt : 9 speed. kuat, ringan, dan tahan lama. biasa untuk mtb race. dilengkapi dengan teknologi rapid shift levers, crankset hollowtech II, dan shadow.
deore lx : 9 speed. kuat namun dengan berat yang cukup masuk akal. diperuntukkan untuk para hobies yang serius melakukan explorasi trek off road, dari cross country sampai dengan all mountain. meski begitu penggunaan untuk mtb race masih cukup nyaman.
deore : 9 speed. cukup nyaman dipergunakan bagi pemula yang telah bisa menikmati trek off road yang memerlukan komponen kuat dan stabil.
alivio : 8 atau 7 speed. diperuntukan bagi pemula mtb light cross country atau untuk sepeda mtb komuter alias b2w.
acera : 8 atau 7 speed.
altus : 8 atau 7 speed.
tourney : 7 speed.
acera, altus, dan tourney ketiganya diperuntukkan untuk sepeda mtb yang hanya untuk rekreasi. meskipun begitu kadang cukup layak untuk dipasang pada mtb b2w tergantung kepada komponen lain yang menyertainya.

selain yang tersebut di atas, shimano mengeluarkan juga hone (9 speed) khusus untuk para pemain freestyle, dirtjump dan enduro. sedangkan pemain downhill telah dimanjakan oleh shimano saint (9 speed).

groupset besutan sram sedikit lain karena pada dasarnya sram hanya memproduksi shifter, sedangkan brakepad bermerk avid, dan crankset truvatif. teknologi shifter sram mengenal hirarki sebagai berikut, urut dari tertinggi ke terendah :

x-0
x-9
x-7
sx 5
sx 4
3.0
aturan main di dalam pengaturan hirarki tersebut adalah sama dengan yang terjadi di shimano. aturannya mengacu kepada teknologi yang diaplikasikan yang berdampak kepada kekuatan, keamanan, kenyamanan, dan tentu saja harga jual.

meskipun produsen telah mengklasifikasikan groupset sesuai peringkat masing – masing, namun tidak jarang perakit sepeda mencampur beberapa komponen dari berbagai tingkat ke dalam sebuah sepeda. perakit sepeda ini tidak saja perorangan namun juga produsen sepeda. hal ini dikenal sebagai mix groupset. salah satu tujuannya adalah untuk tetap mempertahankan harga rendah tanpa mengorbankan kenyamanan dan keamanan.

seperti pada umumnya komponen pabrikan, setiap jenis komponen diwakili oleh nomor produk. dengan kode alfanumerik ini kita bisa tahu bahwa suatu komponen masuk dalam hirarki mana. silakan explore masing – masing website pabrikan di atas untuk mengetahui lebih jauh tentang hal ini.

satu tips dariku, bila kamu berniat rakit sepeda untuk tujuan b2w sekaligus bisa dipergunakan masuk trek offroad di akhir minggu, mulailah dengan groupset alivio atau deore, mana yang lebih masuk budget kamu.

About these ads

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Bunder, Taman Hutan Raya di Tepi Jalan Wonosari Liputan: OLEH-OLEH DARI WONOSARI

5 Comments Add your own

  • 1. tommy  |  13-Apr-2009 at 09:41

    temen-temen yg mo upgrade groupset..
    carilah yg sesuai kebutuhan..pengennya mo bermain apa??
    fork shock jg berpengaruh ma gaya permainan..bacalah petunjuk penggunaan sbelum di beli..kalo dah seneng mahal no 2.. he333x..yg penting sepeda nyaman di gunakan+kita ga khawatir ma sparepart yg kita pasang…semakin bagus sparepart smakin nyaman+smakin sedikit biaya servis..
    sukses selalu bwt temn2 komunitas

    Reply
  • 2. Fikri  |  01-Jun-2010 at 09:55

    Huhuhuhu …….
    Saya di Permalukan teman saya yang pakai Tourney. Rupanya groupset tidak mempengaruhi peforma seseorang untuk melibas tanjakan.

    Reply
  • 3. jatmiko  |  24-Aug-2010 at 15:22

    salam sepeda, sebelumnya saya ucapkan makasih banyak…begini saya punya sepede santacrus,framenya mengunakan alumunium tapi framenya patah gimana sudah pernah di las pake las alumunium biasa tapi gak bisa ,harus nya pake las apa ya

    Reply
    • 4. fernando  |  13-Sep-2011 at 16:08

      Kalo frame patah sebaiknya jangan dipakai lagi/atau dilas,lebih baik ganti frame baru saja, karena bila di las,kurang seve utk pengendara itu sendiri.

      Reply
  • 5. asbindro  |  05-Feb-2012 at 12:59

    sayang sumber tulisan tidak disertakan. hargailah hasil karya orang lain, sobat. maka kalian akan dihargai pula. salam sejuta sepeda!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Subscribe to the comments via RSS Feed


Tentang SPEDA

Komunitas Sepeda Sembada (SPEDA) merupakan wadah Pegawai Negeri Sipil penggemar olah raga bersepeda di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman yang dilaksanakan rutin sebulan sekali setiap hari Jum'at minggu kedua

Penanggalan

April 2009
M T W T F S S
« Mar   Jul »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Statistik Kunjungan

  • 22,775 Kali

Berita Terbaru


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: